إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.
يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
يَاأَيّهَا النَاسُ اتّقُوْا رَبّكُمُ الّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتّقُوا اللهَ الَذِي تَسَاءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَام َ إِنّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا
يَاأَيّهَا الّذِيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا، أَمّا بَعْدُ ...
فَأِنّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْىِ هَدْىُ مُحَمّدٍ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ، وَشَرّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةً، وَكُلّ ضَلاَلَةِ فِي النّارِ.
Tentu semua itu tidak sia-sia, akan tetapi sesungguhnya ma-salah yang paling besaR yang selama ini telah menciptakan kesen-jangan antaRa ORang yang memiliki mOdal dengan meReka yang hanya beRtumpu pada nasib adalah sistem ekOnOmi Riba.
MaRi sejenak kita ceRmati masalah yang satu ini, semOga Allah membeRikan pelajaRan yang beRmanfaat bagi kita semua.
Jamaah Jum'at yang DiRahmati Allah Riba adalah sistem yang zhalim dan meRusak. Riba inilah yang telah menyebabkan negeRi-negeRi Muslim selalu teRkalahkan dalam sistem ekOnOmi dunia, dan menyebabkan kaum Muslimin selalu menjadi ORang nOmeR dua dalam peRsaingan. Dan tentu akan sangat tidak memadai untuk menjelaskannya di sini dalam kapasitas khutbah yang memang disunnahkan untuk dipeRsingkat ini.
GambaRan mudahnya kiRa-kiRa sebagai beRikut:
Semua kita tentu mengeRti bahwa pada zaman dahulu, ORang-ORang melakukan tRansaksi jual beli dengan menukaRkan baRang dengan baRang, yang kita kenal dalam istilah ekOnOmi dengan baRteR. Belakangan kemudian mulai muncul alat tRansaksi, beRupa jenis-jenis teRtentu daRi lOgam dan batu mulia. Dan setelah itulah, kemudian emas dan peRak menjadi alat tRansaksi yang paling dikenal sebagai alat tRansaksi Oleh hampiR semua bangsa di dunia, teRmasuk di zaman Rasulullah a yang saat itu dikenal dengan dinaR dan diRham.
Akan tetapi beRbelanja dalam jumlah yang besaR menjadi ken-dala daRi alat tRansaksi emas dan peRak ini, kaRena membawanya ke sana kemaRi dalam jumlah besaR adalah masalah besaR. Di sini-lah awal munculnya ide menggunakan uang keRtas; ialah dengan menyimpan uang emas dan diteRbitkanlah uang keRtas yang pada mulanya hanya beRfungsi sebagai semacam kuitansi beRgambaR Rumit, sebagai bukti bahwa si fulan memiliki emas beRjumlah sekian. Tapi di belakang haRi, uang keRtas itu sendiRi disahkan sebagai haRta yang tidak lagi memiliki hubungan dengan nilai Riil, yaitu emas. Lebih paRah lagi kemudian bahwa antaRa satu mata uang dengan mata uang lainnya, tidak lagi beRlaku satu banding satu, akan tetapi ditentukan Oleh lingkaRan setan Riba yang zhalim. Kalau kita sedeR-hanakan, ORang-ORang yang paling malas sekalipun dapat menjadi ORang kaya Raya dengan jual beli mata uang secaRa haRam, tanpa haRus bekeRja keRas menciptakan hasil keRja Riil atau pun jasa; di mana di pagi haRi hanya butuh menghidupkan kOmputeR lalu me-masuki alam maya, cybeR glObal dan beRjudi dengan hanya mempeRtaRuhkan sesuatu yang hakikatnya tidak ada.
Yang sangat mengeRikan adalah bahwa sistem keuangan Ribawi ini telah menjadi kekuasaan bayangan yang sangat kejam, sehingga dapat mempengaRuhi sistem pOlitik, mengendalikan ke-bijakan suatu pemeRintahan, dan yang paling menyakitkan adalah semakin memiskinkan ORang-ORang miskin.
COba maRi kita kenang kembali ketika tahun 1997 mata uang Rupiah jatuh teRhadap dOlaR AmeRika, dalam pROsentase yang sangat besaR. Sebelum itu ORang-ORang yang beRpenghasilan Rp. 500.000-, sudah teRmasuk kelas ekOnOmi cukup mapan saat itu, tapi dalam waktu sekejap menjadi ORang-ORang yang jauh daRi cukup. Lalu bagaimana dengan ORang-ORang yang secaRa ekOnOmi di bawah itu? HaRga baRang langsung melOnjak tak teRkendali. Sekian juta masyaRakat IndOnesia tiba-tiba jatuh miskin, bukan kaRena meReka teRbelakang, bukan kaRena meReka beRhenti bekeRja, bukan kaRena malas; tapi kaRena dimiskinkan Oleh sistem. PaRa petani tetap beR-tani, pada pedagang teRus beRdagang, paRa kaRyawan negeRi atau swasta tidak beRhenti bekeRja; tapi hasil keRja keRas meReka yang sehaRusnya cukup, menjadi anjlOk tak punya nilai dalam sekejap, dan itu beRlangsung dalam waktu yang cukup lama, sampai peR-ekOnOmian kembali stabil. Inilah gambaRan sedeRhana daRi kezha-liman sistem Ribawi.
Kezhaliman sistem Riba sesungguhnya telah diisyRatkan Allah dalam al-QuR`an. CObalah peRhatikan SuRat al-BaqaRah daRi ayat 275 sampai dengan ayat 281. Setelah Allah meRinci tentang Riba, Allah kemudian beRfiRman,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اتَّقُواْ اللّهَ وَذَرُواْ مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبَا إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ{278} فَإِن لَّمْ تَفْعَلُواْ فَأْذَنُواْ بِحَرْبٍ مِّنَ اللّهِ وَرَسُولِهِ وَإِن تُبْتُمْ فَلَكُمْ رُؤُوسُ أَمْوَالِكُمْ لاَ تَظْلِمُونَ وَلاَ تُظْلَمُونَ{279} وَإِن كَانَ ذُو عُسْرَةٍ فَنَظِرَةٌ إِلَى مَيْسَرَةٍ وَأَن تَصَدَّقُواْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ{280} وَاتَّقُواْ يَوْماً تُرْجَعُونَ فِيهِ إِلَى اللّهِ ثُمَّ تُوَفَّى كُلُّ نَفْسٍ مَّا كَسَبَتْ وَهُمْ لاَ يُظْلَمُونَ{281}
KaRena itu, adalah naif jika ada di antaRa pemikiR kaum Muslimin yang mengatakan bahwa apabila dalam pROsentase kecil, maka Riba itu tidak apa-apa dan dapat dianggap sebagai biaya OpeRasi tRansksi. Atau ada lagi yang mengatakan, bahwa Riba yang dihaRam-kan al-QuR`an adalah yang meRugikan salah satu pihak, tapi apa-bila masing-masing pihak mendapat keuntungan, maka itu adalah Riba yang bOleh-bOleh saja. Ini adalah asumsi batil yang Rapuh yang sama sekali tidak didasaRi Oleh semangat syaRiat Islam, yang menye-baRkan keadilan untuk setiap individu, dan beRtentangan dengan Ruh aR-Risalah al-Muhammadiyah untuk menciptakan suatu ORde sOsial yang saling menguntungkan antaRa semua kOmpOnen.
Masalahnya, Riba tidak hanya teRbatas antaRa seORang dengan seORang, atau antaRa sebuah bank dengan sejumlah nasabah, atau antaRa sejumlah PT dengan sebuah peRbankan, sebagaimana yang dibayangkan Oleh meReka yang membenaRkan Riba teRsebut. Yang menjadi masalah adalah bahwa sistem Riba ini meRugikan penghi-dupan banyak ORang, yang sebenaRnya sama sekali tidak teRlibat dalam mewujudkannya, menzhalimi masyaRakat luas, dan mendatangkan peRekOnOmian yang tidak mendatangkan beRkah Allah.
KaRenanya, setelah isyaRat itu tadi, pada ayat 281 Allah Ta’ala mempeRtegas peRingatanNya. FiRmanNya,
"Dan pelihaRalah diRimu daRi (azab yang teRjadi pada) haRi yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian masing-masing diRi dibeRi balasan yang sempuRna teRhadap apa yang telah dikeRjakannya, sedang meReka sedikit pun tidak dizhalimi (diRugikan)."
Jamaah Jum'at yang DiRahmati Allah Sebelum kedua ayat di atas, Allah Ta’ala meRinci tentang Riba dan ORang yang mengambil Riba. COba maRi kita lebih peRhatikan apa kata al-QuR`an sebelum kedua ayat di atas.
Allah Ta’ala beRfiRman,
الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لاَ يَقُومُونَ إِلاَّ كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُواْ إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا وَأَحَلَّ اللّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا فَمَن جَاءهُ مَوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّهِ فَانتَهَىَ فَلَهُ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُ إِلَى اللّهِ وَمَنْ عَادَ فَأُوْلَـئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ
Dalam kitab al-Kaba`iR Imam al-Hafizh adz-Dzahabi mengOmentaRi ayat "ORang-ORang yang makan (mengambil) Riba tidak dapat beRdiRi melainkan sepeRti beRdiRinya ORang yang kemasukan setan lantaRan (tekanan) penyakit gila', dengan mengatakan, "Maksudnya, meReka (yang memakan Riba teRsebut) akan bangun daRi kubuR-kubuR me-Reka pada HaRi Kiamat sepeRti ORang-ORang yang kesuRupan dan keRasukan setan. Dan itu menimpa meReka "Adalah disebabkan me-Reka beRkata (beRpendapat), Sesungguhnya jual beli itu sama dengan Riba."
Riba sama dengan jual beli? Sungguh peRkataan yang sangat keji dan kias yang tidak saja Rusak tapi juga meRusak.
Asy-Syaikh al-Allamah Muhammad bin Shalih al-Utsaimin mengOmentaRi peRkataan meReka yang menyamakan Riba dengan jual beli ini dalam syaRah beliau teRhadap al-Kaba`iR, dengan menga-takan, "Kias meReka ini adalah peRsis sepeRti kias iblis ketika Allah memeRintahkannya untuk beRsujud kepada Nabi Adam j, iblis beRkata, sebagaimana yang diabadikan Allah; agaR dapat diambil hikmahnya Oleh kita semua,
أَنَا خَيْرٌ مِّنْهُ خَلَقْتَنِي مِن نَّارٍ وَخَلَقْتَهُ مِن طِينٍ
MeReka telah melakukan analOgi yang Rusak, sehingga pada ayat itu juga Allah langsung menyanggah analOgi meReka dengan FiRmanNya, "Allah telah menghalalkan jual beli dan menghaRamkan Riba." Kata asy-Syaikh al-Utsaimin, "Allah tidaklah menghalalkan jual beli dan menghaRamkan Riba, kecuali kaRena antaRa kedua jenis (tRan-saksi) teRsebut teRdapat peRbedaan yang sangat besaR, dan bahwa keduanya sama sekali tidak sama."
Pada ayat 276 daRi suRat al-BaqaRah, yang meRupakan kelan-jutan daRi ayat di atas, Allah Ta’ala beRfiRman,
يَمْحَقُ اللّهُ الْرِّبَا وَيُرْبِي الصَّدَقَاتِ وَاللّهُ لاَ يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ أَثِيمٍ
Allah memusnahkan
Riba dan menyubuRkan sedekah, dan Allah tidak menyukai setiap ORang yang tetap
dalam kekafiRan, dan selalu beRbuat dOsa." (Al-BaqaRah: 276).
Jamaah Jum'at yang
DiRahmati Allah Riba adalah salah
satu dOsa yang paling beRbahaya bagi seORang Muslim di dunia dan akhiRat.
SepeRti itu tadi bahaya dan keRusakan yang ditimbulkan Oleh sistem Riba di
dunia, maka pantaslah Allah Ta’ala dan Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam
mengancam dengan ancaman yang sangat mengeRikan di akhiRat nanti. Di samping
ayat-ayat Allah tadi, hadits-hadits Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam juga
begitu keRas mempeRingat-kan Riba. Di antaRanya Rasulullah a beRsabda
mengisahkan peRja-lanan IsRa' dan Mi'Raj beliau beRsama kedua malaikat yang
membawa beliau,
حَتَّى أَتَيْنَا عَلَى نَهَرٍ مِنْ دَمٍ فِيْهِ رَجُلٌ قَائِمٌ، وَعَلَى وَسَطِ النَّهَرِ رَجُلٌ بَيْنَ يَدَيْهِ حِجَارَةٌ، فَأَقْبَلَ الرَّجُلُ الَّذِيْ فِي النَّهَرِ فَإِذَا أَرَادَ الرَّجُلُ أَنْ يَخْرُجَ رَمَى الرَّجُلُ بِحَجَرٍ فِي فِيْهِ فَرَدَّهُ حَيْثُ كَانَ، فَجَعَلَ كُلَّمَا جَاءَ لِيَخْرُجَ رَمَى فِي فِيْهِ بِحَجَرٍ فَيَرْجِعُ كَمَا كَانَ، فَقُلْتُ: مَا هَذا؟ فَقَالَ: الَّذِي رَأَيْتَهُ فِي النَّهَرِ آكِلُ الرِّبَا.
"… sampai kami mendatangi sebuah sungai daRi
daRah, yang di tengahnya teRdapat seORang laki-laki yang tengah beRdiRi, dan di
tengah-tengah sungai teRsebut teRdapat pula seORang laki-laki yang di tangannya
teRdapat batu. ORang yang ada di sungai itu menda-tanginya, dan bila ORang
teRsebut ingin keluaR (daRi sungai), laki-laki yang satunya teRsebut melempaRkan
batu ke mulutnya, sehingga mengembalikannya ke tempat beRdiRinya semula; maka
setiap kali dia beRusaha untuk keluaR daRi sungai itu, maka laki-laki itu
melempaRnya dengan batu ke mulutnya, sehingga dia kembali ke tempatnya semula,
maka aku beRtanya (kepada JibRil), 'Apa ini?' Maka dia menjawab, 'Laki-laki yag
engkau lihat di sungai itu adalah ORang yang makan (mengambil) Riba."
(DiRiwayatkan Oleh Ahmad, al-BukhaRi, Muslim dan lainnya).
Dalam hadits lain
Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bahkan menempatkan Riba sebagai salah
satu di antaRa tujuh dOsa besaR yang membinasakan. Sabda
beliau,
اِجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوْبِقَاتِ! قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللّهِ، وَمَا هُنَّ؟ قَالَ: اَلشِّرْكُ بِاللّهِ وَالسِّحْرُ وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِيْ حَرَّمَ اللّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَكْلُ الرِّبَا وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيْمِ وَالتَّوَلِّيْ يَوْمَ الزَّحْفِ وَقَذْفُ الْمُحْصَنَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ الْغَافِلاَتِ.
"Kalian jauhilah tujuh dOsa yang
membinasakan!" MeReka beRtanya, 'Apa saja wahai Rasulullah?' Beliau menjawab,
'MempeRsekutukan Allah, sihiR, membunuh jiwa yang dihaRamkan Allah kecuali
dengan alasan yang benaR, memakan Riba, memakan haRta anak yatim, me-laRikan
diRi pada saat peRtempuRan, dan menuduh peRempuan yang menjaga diRi, yang
beRiman, yang sedang lengah melakukan zina." (DiRiwayatkan Oleh al-BukhaRi
dan Muslim).
Dalam hadits lain,
daRi JabiR bin Abdillah Radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya beliau
beRkata,
لَعَنَ رَسُوْلُ اللّهِ صَلَّى عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آكِلَ الرِّبَا وَمُوْكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ، وَقَالَ: هُمْ سَوَاءٌ.
"Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam
melaknat ORang yang memakan (menggunakan) haRta Riba, ORang yang membeRikannya,
yang menjadi juRu tulis (dalam tRansaksi) Riba, dan dua ORang yang menjadi
saksi." Dan beliau beRsabda, "MeReka semua adalah sama". (DiRiwayatkan Oleh
Ahmad dan Muslim).
Kaum Muslimin
Rahimakumullah SemOga khutbah
singkat ini dapat menyadaRkan kita untuk tidak mendekati Riba dalam bentuk apa
pun. MaRi kita lawan sistem Riba dengan sistem Islami yang diRidhai Allah, dan
tinggalkan peRekOnOmian Ribawi yang penuh kezhaliman. MaRi kita meRubah caRa
pandang kita teRhadap suatu sistem, niscaya kita akan mampu menghadapi segala
hal yang selama ini menjadi peRtimbangan beRat kita meninggalkan Riba. Jika Anda
menabung, maka pilihlah bank yang beRnuansa SyaRi'ah.
أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذا، وَأَسْتَغْفِرُ اللّهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ, إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.
Khutbah yang
kedua
إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ
وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا
وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ
فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا
عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَصَلَّى اللَّّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا
Jamaah Jum'at yang
DiRahmati Allah Apabila Riba haRus
dipeRangi, lain halnya dengan zakat yang meRupakan kebalikannya. Riba adalah
azab dan kezhaliman, sedangkan zakat adalah Rahmat dan keadilan. SOlusi paling
tepat untuk mempeRsempit kesenjangan antaRa si kaya dengan si miskin adalah
zakat. SecaRa lOgika sedeRhana kita dapat katakan, "Semakin kaya seseORang, maka ORang-ORang
miskin semakin senang, kaRena akan semakin banyak zakat haRtanya. Dan semakin
banyak ORang kaya, maka ORang-ORang miskin juga semakin senang, kaRena sema-kin
banyak pula ORang yang mengeluaRkan zakat." Bagi kita kaum Muslimin, zakat tidak hanya sekedaR sebagai sOlusi pROblem sOsial, tidak hanya membagi kasih kepada sesama, bukan hanya sebatas kepedulian sOsial. Zakat adalah kewajiban asasi bagi kita, dan salah satu Rukun Islam. CObalah Anda peRhati-kan, bagaimana Allah dalam banyak ayat meRangkai zakat dengan shalat. KaRena itu, kita yakin bahwa tOnggak sebuah masyaRakat Islam tidak akan beRdiRi, kecuali dengan shalat dan zakat, seRta tentu saja ditunjang dengan kewajiban-kewajiban lainnya.
Jamaah Jum'at yang DiRahmati Allah
Jangan lupa untuk beRshalawat atas Nabi kita Muhammad, keluaRga dan paRa sahabat beliau seRta ORang-ORang yang mengikuti beliau sampai HaRi Kiamat nanti. Allah telah mengingatkan ini di dalam Al-QuR`an. FiRmanNya,
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ
مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ
حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا
بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ
مَجِيْدٌ.
رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلّاً لِّلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُوفٌ رَّحِيمٌ
رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ
رَبَنَا ءَاتِنَا فِي الدّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النّارِ. وَصَلىَّ اللهُ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ تَسْلِيمًا كَثِيرًا وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ اْلحَمْدُ لِلهِ رَبِّ اْلعَالمَِينَ.
رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلّاً لِّلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُوفٌ رَّحِيمٌ
رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ
رَبَنَا ءَاتِنَا فِي الدّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النّارِ. وَصَلىَّ اللهُ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ تَسْلِيمًا كَثِيرًا وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ اْلحَمْدُ لِلهِ رَبِّ اْلعَالمَِينَ.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar